Selasa, 30 Maret 2010

Flora dan Fauna di Papua Barat


Papua Barat terletak di sabuk Wallace yang membagi Kalimantan dan Sulawesi, dan memisahkan wilayah biogeografi Asia dan Australia. Berbeda dengan Jawa, Sumatera dan Kalimantan, sebagian besar flora dan fauna Papua berasal dari Australia.


Karang Pantai -Manokwari IND

Keanekaragaman Flora

Keragaman aneka tanaman Papua termasuk salah satu yang terbesar di dunia dengan sekitar 2700 spesies anggrek. Selain dari pada itu, Papua juga kaya akan pohon pakis, lianas dan berbagai tumbuhan obat-obatan. Tumbuhan yang menjadi makanan sehari-hari termasuk pisang, buah keluwih/sukun, pohon kelapa, sagu, pepaya, nanas dan kentang.


Pegunungan Arfak: Kekayaan Flora dan Fauna

Setidaknya ada sekitar 650 spesies burung dan masih banyak lagi subspeciesnya di Papua Barat. Di Pegunungan Cagar Alam Arfak, 25 km barat daya Manokwari, ditemukan sekitar 320 spesies burung. Termasuk di dalamnya beragam burung paradise, burung beo, burung kakak tua, burung bangau, Elang Papua Harpy, burung Bower dan Arfak Astrapia. Sekitar 110 spesies mamalia termasuk 30 spesies marsupial juga ditemukan di Pegunungan Arfak, juga pohon kanguru, spesies kuskus, rubah, kelelawar dan possum. Selain itu, Papua Barat juga rumah bagi invertebrata dan reptil, termasuk kupu-kupu besar dan kecil (‘hanya’ berukuran 3 m), dan varan-Komodo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Basketball Uniforms is a Free Blogger Templates